Pengamatan, Peramalan, dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (P3OPT).  Media yang digunakan antara lain media cetak seperti brosur, leaflet, poster, Majalah, media elektronik dan internet (Website), media massa seperti radio dan televisi, serta acara-acara pameran, seminar dan sosialisasi.

Publikasi

 

Untuk menyebarluaskan hasil kajian teknologi P3OPT BBPOPT menerbitkan berbagai media antara lain : 1) Majalah 2 edisi, 2) Brosur teknologi tepat guna 10 judul, 3) Poster 4 judul, 4) Leaflet 6 judul, dan 5) melalui Internet.

Sejak tahun 2008 BBPOPT memiliki situs yang secara terus menerus dikelola baik isi maupun tampilannya.  Situs tersebut beralamat di http://bbpopt.tanamanpangan.deptan.go.id yang berisi tentang profil, pangkalan data hasil surveillance OPT pangan, agenda kegiatan BBPOPT dan teknologi pengendalian OPT utama pangan.

 

Diseminasi Teknologi Multimedia Interaktif

 

Ketersediaan informasi yang dihasilkan BBPOPT perlu diolah dan dikemas agar sesuai dengan kebutuhan pengguna (petani dan petugas lapang) serta dapat diakses dengan mudah dan cepat.  Hasil pengemasan informasi P3OPT yang dilakukan BBPOPT melalui:

 

1.      Radio Suara Adyasamudra (ADS) Cikampek, Karawang

2.      Radio Top FM (RSPD Kabupaten Sukoharjo)

3.      RRI Pro 4 FM Bandung

4.      TVRI stasiun Bandung (Program Forum Kita dan Bianglala)

 

Didalam melakukan siaran Radio maupun Televisi melibatkan instansi terkait yang ada di daerah seperti di Jawa Barat bekerjasama dengan Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH Provinsi Jawa Barat) dan di Jawa Tengah dalam melakukan siaran Radio bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis BPTPH Provinsi Jawa Tengah, yakni Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit Tanaman Pangan dan Hortikultura (LPHP TPH) Palur, Sukoharjo.

Didukung oleh sumberdaya manusia dengan kualifikasi ilmu Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, BBPOPT Jatisari menerima konsultasi dari pendengar (audiens) secara langsung melalui dialog interaktif yang dipandu oleh penyiar radio/reporter.

 

 

Siaran Multimedia Interaktif Radio

 

BBPOPT Jatisari telah dijadwalkan akan melakukan siaran radio melalui dialog interaktif sebanyak 16 kali siaran baik di radio swasta maupun radio pemerintah daerah.

Materi siaran dikelompokkan menjadi 2 kategori yakni seputar OPT utama Padi (Wereng Coklat, Penggerek Batang padi, Tikus, Tungro, Blas, dan BLB/Kresek) dan  OPT Hortikultura (Penanganan Lalat Buah Mangga melalui teknologi Vapor Heat Treatment dan Nematoda Sista Kuning pada komoditas kentang).

Kemudian tambahan materi mengenai cara Penggunaan Pestisida yang bijaksana, sebagai salah satu alternative terakhir dalam penanganan OPT utama Pangan maupun Hortikultura.

Siaran Multimedia Interaktif Televisi

 

Untuk acara siaran di televisi telah dilakukan pengambilan gambar (shoting) film dokumenter kegiatan BBPOPT sebagai bahan pembuka siaran mengenai profil BBPOPT pada program acara “Forum Kita” dan “Bianglala”.  Ilustrasi film dokumneter tersebut juga digunakan sebagai pembuka acara “Talk Show” di TVRI Bandung yang sudah berjalan 4 kali siaran.  Melalui siaran langsung ini audiens/pemirsa baik yang ada di studio maupun dirumah bisa langsung menanyakan permasalahan seputar dunia pertanian yang berhubungan dengan OPT.  Sebagai tempat layanan rujukan BBPOPT merupakan layanan yang menjawab semua pertanyaan pengguna/pemirsa yang dibutuhkan.  Semua pertanyaan akan dijawab oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Langkah kedepan BBPOPT akan menjajagi siaran di TVRI Pusat agar jangkauan siaran lebih luas lagi diterima masyarakat tani di seluruh nusantara. Semoga…! (Urip SR)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here