lat2dpn Kegiatan magang di Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian bertujuan agar   Pelaksana kegiatan website sebagai pintu gerbang informasi antara instansi Balai Besar Peramalan OPT maupun Direktorat Jenderal Tanaman dengan masyarakat mendapatkan penjelasan dan praktek secara langsung proses berjalannya website dan semua piranti pendukungnya.                                                

 

Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pertanian merupakan unit Eselon II Kementerian Pertanian yang memiliki tupoksi mengelola tersedianya data dan informasi pertanian beserta infrastruktur pendukungnya. Magang dilaksanakan di Bidang Pengembangan Informasi, Sub Bidang Sistem Jaringan Komputer. Pusdatin Kementerian Pertanian sudah memiliki infrastruktur berupa Server dengan kapasitas penyimpanan 40 Terrabyte dengan akses internet berkisar 100 Mbit/s.

Jaringan komputer merupakan sarana agar pengguna komputer terhubung sehingga memudahkan dalam bertukar data dan informasi dalam mendukung lancarnya sebuah pekerjaan. Jaringan sudah berkembang sangat pesat dengan terhubungnya jaringan lokal menjadi terhubung ke seluruh dunia yang dikenal dengan International Network (Internet) dengan berbagai perkembangan teknologi di dalamnya. Jaringan paling sederhana adalah terhubungnya 2 buah komputer menggunakan kabel cross, berkembang lagi menjadi beberapa komputer terhubung dengan menggunakan switch, berkembang lagi dalam jaringan lokal tersebut terhubung dengan internet.

lat2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jaringan komputer di Pusdatin sudah terpasang dengan baik dan termonitor dibawah pengelolaah Sub Bidang Jaringan Komputer. Pengguna internet Kementerian Pertanian Berkisar 1000 pengguna sehingga pelayanan internet yang handal menjadi kebutuhan agar semua pekerjaan di seluruh unit Eselon 1 berjalan dengan baik. Pusdatin juga mengelola akses internet di Direktorat Jenderal Tanaman Pangan termasuk di dalamnya mengelola hosting website Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. Pusdatin menggunkan dua penyelenggara akses internet agar apabila salah satu akses terjadi gangguan maka akses yang lain masih dapat berfungsi. Infrastruktur jaringan utama sudah memiliki kecepatan Onegigabit yang dihubungkan dengan kabel Fiber Optik. Jaringan dibawahnya sudah mendukung jaringan gigabit tetapi pada umumnya pengguna masih menggunakan jaringan dengan kecepatan 100Mbps. Kendala yang umumnya yang dialami oleh pengguna jaringan internet adalah komputer tidak dapat tersambung dengan internet sehingga diperlukan troubleshoting untuk mengatasinya. Upaya yang dilakukan adalah ping ke komputer lain pada komputer yang tidak terhubung dengan jaringan, apabila tetap tidak terhubung perlu dilakukan pengecekan pada NIC Card ataupun kabel LAN apakah berfungsi dengan baik ataupun tidak.

 

pusdatin1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Materi hari kedua kegiatan magang menjelaskan tentang peralatan baik hardware ataupun software yang digunakan dalam membangun infrastruktur jaringan. Perangkat keras yang diperlukan antara lain switch manageable, Kabel Fiber Optik, kabel LAN katalog 5, Router, Mikrobit router dan akses point. Router diperlukan untuk menghubungkan dengan akses sumber internet dari Internet Service Provider, Router juga diperlukan untuk membagi jaringan, jaringan internet dibagi ke masing-masing gedung ke switch manageable, Mikrobit router digunakan untuk membagi bandwidth internet. Dari switch gedung dibagi ke masing-masing ruangan baik menggunkan switch ataupun dipancarkan dengan menggunakan akses point. Di Pusdatin antar gedung sudah menggunakan kabel fiber optik sedangkan antar ruangan menggunakan kabel LAN Katalog 5.

pusdatin3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam membangun jaringan seorang perencana jaringan harus menguasai subnetting, pengguna dibawah 250 pengguna menggunakan subnetting IP Kelas C misalnya 192.168.1.1 sedangkan pengguna diatas 250 dapat menggunakan subnetting Kelas A atau B. Subnetting di Pusdatin menggunakan Kelas A misalnya 10.10.41.1 sehingga pengguna diatas 1000 masih dapat secara otomatis tersambung dalam jaringan. Perangkat lunak yang digunakan dalam mengelola jaringan internet antara lain Solar Wind yang digunakan untuk mengontrol swith manageable apakah status alatnya dalam keadaan on/off atau mengalami masalah yang lain. Perangkat lunak untuk mengatur pembagian bandwidth (akses kecepatan) adalah Mikrobit, piranti lunak ini dapat membatasi pengguna agar tidak menghabiskan bandwidth sehingga mengganggu pengguna lain karena kehabisan bandwidth.

pusdatin2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Materi magang hari ketiga adalah membangun website template Pusdatin agar pengelola website di masing-masing eselon II memiliki website standar yang memenuhi persyaratan standar yang dirumuskan oleh Pusdatin.Website merupakan wahana berbagi informasi yang menggunakan standar khusus yang diakses melalui jaringan internet sehingga dapat diakses di seluruh dunia. Prinsip dasarnya adalah data website dalam server dimasukan dalam service Web atau dikenal dengan webserver sehingga dengan memasukan alamat server maka komputer lainnya dapat membaca informasi tersebut. Aplikasi template website Pusdatin memerlukan software lainnya yaitu Web Server Apache dan database MySQL. Masukkan aplikasi Template Website Pusdatin ke Folder Akses website Apache yaitu di folder htdocs. Pasang database ke folder data mySQL, konfigurasikan password akses dan nama database di file koneksi.php di folder config pada aplikasi template website Pusdatin.

 

lat1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji apakah template website Pusdatin sudah berjalan dengan baik dengan membukanya pada alamat browser di http://localhost/namawebsitenya> apabila sudah terbuka maka website dapat di konfigurasi. Masuk ke dalam halaman administrator dengan memasukkan alamat http://localhost/namawebsitenya/admin***> masukan user name dan password yaitu *****. Konfigurasi website dapat dilakukan dengan menambah berbagai menu maupun artikel agar website terisi. Untuk mengisi menu di klik pada setting menu, menu utama dan tambah menu utama, untuk menambah sub menu dibawah menu utama dengan menambahkan submenu. Untuk meberikan identitas website di tambahkan dalam setting web, identitas web. Untuk mengisi konten website dengan menambahkan konten di manajemen info, pilih konten yang akan di upload baik berupa berita, info, halaman statis ataupun komentar. Website juga dapat dilengkapi dengan galery foto, download ataupun banner. Template website ini cukup baik sebagai halaman website bagi unit eselon II Kementerian Pertanian. (*erge)

 

webnubbp

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here