Pelatihan Bioinformatika dalam Bidang Proteksi Tanaman

 PELATIHAN BIOINFORMATIKA DALAM BIDANG PROTEKSI TANAMAN

Berry Budhiarsa Agustina, SP.

Kegiatan ‘Pelatihan Bioinformatika dalam Bidang Proteksi Tanaman’ diselenggarakan oleh Pusat Kajian Pengendalian Hama Terpadu, Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Jl. Kamper Kampus IPB Darmaga – Bogor pada tanggal 09 – 12 Juni 2014. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Dr. Ir. Giyanto, MSi selaku Kepala Pusat Kajian Pengendalian Hama Terpadu Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Peserta berjumlah 17 orang, perwakilan dari instansi Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan, Balai Besar Biogen, Balai Besar Karantina, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Fakultas Pertanian IPB, Fakultas Pertanian Universitas Udayana, PT. Syngenta, PT. Arara Abadi, PT. Astra Agro Lestari, dan PT. Socfin Indonesia. Narasumber berasal dari Departemen Proteksi Tanaman dan Departemen Biologi IPB. Sebagai narasumber adalah Dr. Ir. Sri Hendrastuti Hidayat, MSi.; Dr. Ir. Purnama Hidayat, MSi.; Dr. Ir. Yayi Munara Kusumah, MSi.; dan Dr. Ir. Rika Raffiudin, MSi.

  

Bioinformatika merupakan cabang ilmu yang memanfaatkan teknologi informasi dan menggabungkan ilmu matematika, statistika dan komputer untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam bidang biologi. Bioinformatika mulai banyak dipelajari pada awal 1980, tetapi sangat cepat berkembang dan banyak digunakan terutama dalam pengembangan bidang biologi molekuler dan bioteknologi. Dewasa ini aplikasi bioinformatika sudah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang ilmu. Salah satu contohnya, informasi mengenai genom tanaman, hewan dan mikroorganisme yang diperoleh melalui bioinformatika memberikan peranan penting dalam pengembangan ilmu pertanian. Informasi tentang urutan nukleotida pada genom suatu organisme dapat membantu taksonomi, identifikasi, analisis keragaman, filogenetika dan lain-lain yang sangat erat kaitannya dengan bidang pertanian. 

   

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Pengendalian Hama Terpadu Institut Pertanian Bogor secara khusus membahas aplikasi bioinformatika dalam bidang proteksi tanaman (entomologi dan fitopatologi). Pelatihan ini sangat penting bagi para peneliti dan petugas laboratorium diagnosis hama dan penyakit tumbuhan untuk dapat mengidentifikasi dan menganalisis keragaman hama dan penyakit tumbuhan menurut pola kekerabatannya. Pelatihan singkat bioinformatika memberikan dasar pemahaman analisis genetika dan memperkenalkan berbagai ‘alat analisis genetika’ termasuk analisis data sikuen (perunutan DNA) dan analisis filogenetika (penyuntingan dan penyejajaran data, rekonstruksi pohon filogenetika dan interpretasinya).

  

Materi pelatihan diberikan dalam bentuk pembahasan prinsip dan teori yang mendasari aplikasi bioinformatika, dilanjutkan dengan praktik pengolahan data menggunakan berbagai program analisis genetika suatu organisme. Materi pelatihan meliputi :

  1. Introduction to Molecular Biology;
  2. Pengenalan GenBank, PubMed, Entrez (Layanan NCBI) dan pencarian database;
  3. Penyuntingan dan analisis data sekuen DNA;
  4. Prinsip dan aplikasi filogenetika;
  5. Metode konstruksi pohon filogenetika (Parsimony, Neighbour joining, Likelihood, Bayesian);
  6. Pencarian informasi kode bar DNA beberapa OPT penting dengan mengunjungi web DNA BARCODING.

  

Dengan pelatihan 4 hari ini diharapkan para peserta dapat memahami analisis genetika yang meliputi analisis data sikuen dan analisis filogenetika, sehingga dapat mengidentifikasi dan menganalisis keragaman suatu organisme (hama dan penyakit tumbuhan) menurut pola kekerabatannya (Berry Budhiarsa Agustina, SP.).

  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here