Dalam rangka penguatan sumberdaya manusia perlindungan tanaman, serta profesionalisme THL-POPT diperlukan kualitas SDM yang trampil serta professional di lapangan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan produksi pangan di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut Forum Silahturahmi THL-TB POPT Provinsi Kalimantan Timur secara swadaya melakukan kegiatan Magang Pengembangan Agens Hayati di Balai Besar Peramalan OPT Jatisari terbagi menjadi dua angkatan pelatihan. Angkatan I tanggal 9-13 November 2015 diikuti 11 orang THL-POPT, sedangkan angkatan II tanggal 15-19 November 2015 diikuti 10 orang THL-POPT. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan THL-POPT dari Provinsi lain dipersilahkan untuk bergabung pada kegiatan magang kali ini, seperti dari Provinsi DKI 1 orang, DIY 1 orang dan Sumatera Selatan 1 orang ketiga THL-POPT tersebut telah bergabung bersama-sama dengan THL-POPT Provinsi Kalimantan Timur.

        

Menurut ketua Tim Aswita bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan THL-POPT di bidang pengembangan agens hayati. “Dengan belajar langsung dan mempraktekan, semoga melekat di otak kita dan untuk dipraktekan di tingkat lapang” tuturnya. Materi magang sebagai berikut :

  1. Pengenalan dasar agens hayati Pengembangan agens hayati (Jamur)
  2. Pengembangan agens hayati (bakteri)
  3. Pengambilan agens hayati untuk isolate
  4. (Pembuatan isolate F1 biakan murni)
  5. Identifikasi biakan agens hayati (spora jamur dan bakteri)
  6. Uji viabilitas dan kerapatan spora Dasar manajemen Laboratorium dan PPAH (Tingkat Petani)

Dengan semangat kemandirian dari teman-teman THL-POPT Provinsi Kalimantan Timur kita patut memberikan apresiasi yang tinggi. Semoga mereka menjadi ujung tombak perlindungan tanaman yang handal dan professional. Semoga..!!! (Anik Kurniati, Ani Widarti, Gun Gun Gunawan)***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here