Salah satu hama yang sering menyerang kacang tanah adalah kutu daun aphis. Kutu daun aphis berkembangbiak dengan cepat dan sebagai vektor penyakit virus. Meski bukan musuh utama, tapi jika terserang, hama kecil ini bisa mematikan tanaman loh! Apa sih ciri-cirinya dan bagaimana tips pengendalinnya?.

Pertanaman kacang tanah memang paling sering diserang oleh kutu daun aphis. Umumnya menyerang saat tanaman mulai muncul di permukaan tanah hingga tanaman menjelang panen. Kutu ini lebih menyukai bagian tanaman yang muda seperti pucuk dan tangkai daun muda, tetapi pada keadaan populasi tinggi dapat tersebar sampai ke bagian tanaman yang tua.

Meski bukan musuh utama, tapi jika terserang, hama kecil ini bisa mematikan tanaman loh! Kutu daun aphis berkembangbiak dengan cepat dan sebagai vektor penyakit virus kacang-kacangan (soybean mosaic virus, soybean yellow mosaic virus , bean yellow mosaic virus, soybean dwarf virus , peanut stripe virus, dan lain-lain).  Serangan berat membuat batang dan daun tanaman menjadi menguning dan tanaman jadi kerdil, kemudian layu dan mati.

Lantas, bagaimana pengendaliannya?Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Edy Purnawan memberikan tipsnya yaitu lakukan tanam serempak dalam satu hamparan Iuas dan memajukan waktu tanam. Jangan lupa, gunakan varietas toleran hama ini yaitu Tasia 1, Tasia 2, Takar 1, Takar 2, Talam 1 dan Landak.

Disaat musim penghujan, populasi kutu ini bisa berkurang dan memberikan kondisi yang baik bagi pertumbuhan jamur untuk membunuh hama ini.  Tak hanya jamur, beberapa predator alami dari kutu ini antara lain predator kumbang famili Cocconellidae (Menochilus sexmaculatus) dan agensia hayati cendawan lecanicilium lecanii.

Untuk insektisida, bisa digunakan jika serangan sudah melampaui ambang kendali. Sebelum memutuskan untuk menggunakan insektisida kimia, ada baiknya pengendalian dilakukan secara alami menggunakan pestisida organik/pestisida nabati terlebih dahulu (sumber : tabloidsinartani.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here