Karawang, 31 Mei 2023, 27 hari telah berlalu sejak pertama kali utusan pihak Univeraitas Padjadjaran (UNPAD) berkunjung ke BBPOPT tgl 4 Mei , pada kunjungan pertama adalah permintaan kerjasama untuk kegiatan Company Visit, dan realisasinya pada hari ini keluarga besar UNPAD datang dengan membawa 50 orang mahasiswa.

Adapun mereka yang datang dalam company visit ini adalah mahasiswa jurusan Agroteknologi angkatan 2020 Fakutas Pertanian Universitas Padjdjaran (UNPAD) yang tergabung dalam klinik tanaman.

Company Visit itu sendiri merupakan kegiatan yang diadakan oleh Divisi Hubungan Masyarakat Klinik Tanaman HPT Faperta Unpad ke perusahaan agri-company/instansi pemerintah. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menambah wawasan praktis dan pengetahuan bagi mahasiswa mengenai gambaran prospek kerja di bidang pertanian khususnya Hama dan Penyakit Tanaman. Oleh karena itu, kegiatan kunjungan ini diharapkan mampu menggugah ketertarikan mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya PHKT dan mahasiswa perlindungan Hama dan Penyakit Tanaman untuk berkarya dan berkontribusi di bidang pertanian.

Alhamdulillah kami terpilih sebagai destinasi kunjungan karena memiliki track record yang baik di mata mereka, bagi kami kepercayaan dari kolega dan publik adalah hal yang harus tetap kami jaga dan pertahankan.

Penanggung jawab kegiatan Toto Sunarto yang juga merangkap sebagai Dosen Hama dan Penyakit Tumbuhan dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa yang mengikuti acara ini bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, selain itu mereka juga diharapkan bisa melihat secara langsung pekerjaan dalam dunia pertanian yang dapat dilaksanakan oleh lulusan Fakultas Pertanian di Kementerian Pertanian.

Apa yang disampaikan oleh Toto disambut baik oleh Pihak BBPOPT yang diwakili oleh PLT Program dan Evaluasi, Memed Jamhari, Ia secara gamblang memaparkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan BBPOPT terutama untuk mewujudkan motto Kementerian Pertanain yaitu Maju Mandiri Modern.

Dalam acara ini mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang kegiatan-kegiatan khusunya di Laboratorium BBPOPT yang terdiri dari Laboratorium Entomologi, Fitopatologi, Molekuler, Agens Pengendali Hayati, Pestisida Nabati, Trichogramma dan Vapor Heat Threatment (VHT). Untuk kemudian mereka diajak langsung menyaksikan kegiatan di masing-masing laboratorium.

Ditempat terpisah kepala BBPOPT Yuris Tiyanto menyatakan, “pada dasarnya kami selalu terbuka untuk semua pihak yang mau bekerjasama, apalagi sekelas UNPAD yang merupakan kolega kami sejak lama, ini adalah momen yang baik untuk mensinergikan kembali jalinan kerjasama dan silaturohim yang sudah dibangun, dari jauh saya ucapkan Selamat datang anak-anakku mahasiswa UNPAD, semoga kalian bisa betah dan nyaman ditempat kami, datang dengan senyuman pulang membawa pengetahuan”, ucap Yuris ketika dihubungi.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Apresiasi dalam kesempatan itu selain memberikan cenderamata, perwakilan mahasiswa juga menyampaikan kesan pesan, ” Hari ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi kami Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran karena saat ini kami semua diberikan kesempatan untuk mengunjungi Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT)”, demikian pernyataan Aulia salah seorang peserta company visit Universitas Padjadjaran.

Aulia yang pada kesempatan itu bertindak sebagai Host bersama Nisrina mengucapkan terimakasih kepada BBPOPT yang telah menyambut mereka dengan keramahan dan tangan terbuka, “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada BBPOPT karena telah memberikan izin untuk kami berkunjung dan mendapatkan ilmu. Semoga dengan kunjungan ini, kami bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru dan bisa bermanfaat dikemudian hari”, ungkapnya

” Siapa tau salah satu dari kita di tahun tahun mendatang dapat diberi kesempatan untuk bekerja disini aamiin”, timpal Nisrina penuh harap.

Itulah momen kami pada hari ini, semoga adik-adik mahasiswa ini kelak bisa menjadi tulang punggung dalam memikul tanggung jawab dan melanjutkan tongkat estafet dunia pertanian di Indonesia. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here